Wednesday, 13 November 2013

Prinsip menjadi pengusaha bermental baja



 Tak sengaja ketika masih bekerja di PT Sanbe Farma mendapatkan materi Change management dari manager PPIC kami Bpk Benyamen, walau pun saya tidak mendapatkan presentasi langsung dari beliau (hanya dapat softcopy) ini menjadikan inspirasi buat kami untuk menjalani usaha, dan hasilnya alhamdulillah bisa berkembang dan berkarakter serta memiliki nilai pemberdayaan, cekidot...
Out line
1.       MASALAH PERUBAHAN
a.       TUNTUTAN GLOBAL, sebuah keniscayaan sebagai pengusaha harus bisa mengikuti ritme perkembangan jaman, agar tidak tergerus oleh jaman. Beberapa variabel diantaranya:
                                                              i.      COST, biaya operasional produksi dan living cost sebagai manusia individu dan kelompok (exp. Keluarga, perusahaan) kian hari kian meningkat seiring dengan bertambahnya nilai inflasi.
                                                            ii.      KUALITAS PRODUK DAN JASA semakin tertantang agar bisa memiliki daya saing dan yang terbaik dengan mengutamakan kebutuhan pasar, yang sudah menjadi konsumen kita harus bisa ter maintenance dengan baik sehingga tidak mudah kelain hati.
                                                          iii.      PELUANG BARU, pada satu waktu/titik diperlukan untuk rehat dan berpikir keluar dari pikiran convensional kita agar tidak terjebak dalam pemikiran dan ide yang terbatas. Pelajari peluang baru, sering bersilaturahmi dengan kawan yang berlainan profesi dan berbeda jenis usaha.
                                                           iv.      PRODUKTIVITAS, peningkatan produktifitas yang didasari oleh permintaan dari konsumen loyal dan bagian marketing, perlu serius diperhatikan untuk menghindari potensi rasa kecewa dari konsumen/klien kita atau pasar.
b.      SISI POSITIF, memiliki mental pengusaha yang baik dan tangguh, tidak mudah kehabisan ide serta memiliki unsur seni yang sangat tinggi,akan menjadi imajiner  kelas tinggi dalam konteks kebaikan dan penambahan nilai manfaat.
                                                              i.      ADAPTASI TERHADAP LINGKUNGAN YANG BERUBAH, selalu mengikuti perkembangan jaman dan ter up date
                                                            ii.      PENINGKATAN DAYA SAING, kemampuan perusahaan akan semakin ter up grade
                                                          iii.      POSITIONING YANG LEBIH BAIK, pengurangan sisi kelemahan dan mengikuti perkembangan jaman yang didasari nilai efisiensi dan efektifitas.
c.       SISI NEGATIF / RESIKO PERUBAHAN,
                                                              i.      KEGAGALAN, bisa terjadi dan bisa mengakibatkan usaha tutup
                                                            ii.      SUMBER DAYA TERBUANG PERCUMA, bisa terjadi karena tidak terjadi nilai efisiensi dan efektifitas terlebih cost akan meningkat
                                                          iii.      KARYAWAN ; FRUSTASI, PUTUS ASA, TAKUT, mental bisa kena, produktifitas menurun, tidak PEDE, konsumen/klien pada mundur
d.      KESALAHAN-KESALAHAN YANG KERAP TERJADI
                                                              i.      MEMBIARKAN TERLALU PUAS DIRI
                                                            ii.      GAGAL MENCIPTAKAN KOALISI PENGARAH YG CUKUP KUAT
                                                          iii.      MEREMEHKAN KEKUATAN VISI
                                                           iv.      KOMUNIKASI YG BURUK
                                                             v.      MEMBIARKAN HAMBATAN MENGHALANGI VISI BARU
                                                           vi.      GAGAL MENCIPTAKAN HASIL JANGKA PENDEK
                                                         vii.      TERLALU CEPAT MENYATAKAN KEBERHASILAN
                                                       viii.      LALAI MENANAMKAN PERUBAHAN SECARA KOKOH DALAM KULTUR PERUSAHAAN
                                                           ix.      KONSEKUENSI :
1.       STRATEGI BARU TIDAK DIIMPLEMENTASIKAN
2.       AKUISISI TIDAK MENCAPAI SINERGI YG DIHARAPKAN
3.       REKAYASA ULANG MEMBUTUHKAN WAKTU LEBIH LAMA DAN BIAYA TERLALU BANYAK
4.       PERAMPINGAN TIDAK BERHASIL MENGONTROL BIAYA
5.       PROGRAM-PROGRAM KUALITAS TIDAK MEMBERIKAN HASIL YANG SESUAI DENGAN HARAPAN
2.       PROSES PERUBAHAN
To be continued....

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates