Tak sengaja ketika masih bekerja di PT Sanbe Farma mendapatkan materi Change
management dari manager PPIC kami Bpk Benyamen, walau pun saya tidak mendapatkan presentasi langsung dari beliau (hanya dapat softcopy) ini menjadikan inspirasi buat kami untuk menjalani usaha, dan hasilnya alhamdulillah bisa berkembang dan berkarakter serta memiliki nilai pemberdayaan, cekidot...
Out line
1.
MASALAH PERUBAHAN
a.
TUNTUTAN GLOBAL, sebuah keniscayaan sebagai
pengusaha harus bisa mengikuti ritme perkembangan jaman, agar tidak tergerus
oleh jaman. Beberapa variabel diantaranya:
i.
COST, biaya operasional produksi dan living cost
sebagai manusia individu dan kelompok (exp. Keluarga, perusahaan) kian hari
kian meningkat seiring dengan bertambahnya nilai inflasi.
ii.
KUALITAS PRODUK DAN JASA semakin tertantang agar bisa
memiliki daya saing dan yang terbaik dengan mengutamakan kebutuhan pasar, yang
sudah menjadi konsumen kita harus bisa ter maintenance
dengan baik sehingga tidak mudah kelain hati.
iii.
PELUANG BARU, pada satu waktu/titik diperlukan
untuk rehat dan berpikir keluar dari pikiran convensional kita agar tidak
terjebak dalam pemikiran dan ide yang terbatas. Pelajari peluang baru, sering
bersilaturahmi dengan kawan yang berlainan profesi dan berbeda jenis usaha.
iv.
PRODUKTIVITAS, peningkatan produktifitas yang
didasari oleh permintaan dari konsumen loyal dan bagian marketing, perlu serius
diperhatikan untuk menghindari potensi rasa kecewa dari konsumen/klien kita
atau pasar.
b.
SISI POSITIF, memiliki mental pengusaha yang baik
dan tangguh, tidak mudah kehabisan ide serta memiliki unsur seni yang sangat
tinggi,akan menjadi imajiner kelas
tinggi dalam konteks kebaikan dan penambahan nilai manfaat.
i.
ADAPTASI TERHADAP LINGKUNGAN YANG
BERUBAH, selalu
mengikuti perkembangan jaman dan ter up date
ii.
PENINGKATAN DAYA SAING,
kemampuan perusahaan akan semakin ter up grade
iii.
POSITIONING YANG LEBIH BAIK,
pengurangan sisi kelemahan dan mengikuti perkembangan jaman yang didasari nilai
efisiensi dan efektifitas.
c.
SISI NEGATIF / RESIKO PERUBAHAN,
i.
KEGAGALAN, bisa terjadi
dan bisa mengakibatkan usaha tutup
ii.
SUMBER DAYA TERBUANG PERCUMA,
bisa terjadi karena tidak terjadi nilai efisiensi dan efektifitas terlebih cost
akan meningkat
iii.
KARYAWAN ; FRUSTASI, PUTUS ASA,
TAKUT, mental bisa kena, produktifitas menurun, tidak PEDE,
konsumen/klien pada mundur
d.
KESALAHAN-KESALAHAN YANG KERAP
TERJADI
i.
MEMBIARKAN TERLALU PUAS DIRI
ii.
GAGAL MENCIPTAKAN KOALISI PENGARAH YG CUKUP KUAT
iii.
MEREMEHKAN KEKUATAN VISI
iv.
KOMUNIKASI YG BURUK
v.
MEMBIARKAN HAMBATAN MENGHALANGI VISI BARU
vi.
GAGAL MENCIPTAKAN HASIL JANGKA PENDEK
vii.
TERLALU CEPAT MENYATAKAN KEBERHASILAN
viii.
LALAI MENANAMKAN PERUBAHAN SECARA KOKOH DALAM KULTUR PERUSAHAAN
ix.
KONSEKUENSI :
1.
STRATEGI
BARU TIDAK DIIMPLEMENTASIKAN
2.
AKUISISI
TIDAK MENCAPAI SINERGI YG DIHARAPKAN
3.
REKAYASA
ULANG MEMBUTUHKAN WAKTU LEBIH LAMA DAN BIAYA TERLALU BANYAK
4.
PERAMPINGAN
TIDAK BERHASIL MENGONTROL BIAYA
5. PROGRAM-PROGRAM KUALITAS TIDAK
MEMBERIKAN HASIL YANG SESUAI DENGAN HARAPAN
2.
PROSES PERUBAHAN
To be continued....
No comments:
Post a Comment