Keunikan
merupakan magnet yang kuat dalam menarik perhatian. Dalam berbisnis, hal-hal
unik menjadi elemen penting sebagai pemikat minat para pelanggan. Oleh sebab
itu, menawarkan hal unik pada bisnis anda adalah salah satu cara tercepat dalam
menjadikan usaha anda mencapai target yang diinginkan. Keunikan tersebut
menjadi pembeda dalam mengatasi persaingan bisnis. Namum, untuk menghadirkan
sesuatu yang unik bukanlah perkara mudah. Anda harus memiliki daya pikir yang
inovatif dan kreatif. Jika bisnis saya harus unik, maka dari sisi mana saja
hal-hal unik tersebut ditawarkan kepada para calon pelanggan? Jawabannya kurang
lebih ada lima pilihan, yaitu:
1. Anda unik karena jenis konsumen yang anda layani
Bisnis anda bisa dibilang unik
jika menyasar pada target konsumen yang lebih spesifik, mungkin menyangkut
tentang umur, jenis kelamin, golongan, demografi, atau jenis kelompok konsumen
tertentu. Dengan hanya menyasar pada target konsumen tertentu, maka bisnis anda
akan mempunyai pangsa pasar tersendiri dan lebih sedikit menghadapi kompetisi.
Misalnya bisnis jasa relationship yang ditawarkan oleh 50plusconnects.com yang
diperuntukkan kepada orang-orang yang berusia di atas 50 tahun.
2. Anda unik karena produk yang anda jual
Banyak pengusaha yang mampu
mencapai prestasi bisnis yang luar biasa karena mampu menciptakan produk
inovatif dan berbeda dari para pesaingnya. Oleh karena itu, membuat dan
menawarkan produk yang berbeda dari yang lain adalah cara terefektif agar cepat
laku.
3. Anda unik karena miliki sesuatu yang tidak biasa
Ada berbagai sudut (angle) yang
bisa anda manfaatkan agar bisnis anda terlihat berbeda dari yang lainnya. Misal
track record perusahaan anda, hasil berkualitas, pengalaman bisnis perusahaan
anda, proses pembayaran yang berbeda, dan sebagainya. Aspek-aspek yang berbeda
dan spesifik tersebut harus anda manfaatkan dalam kampanye iklan bisnis anda,
sehingga menjadi daya tarik bagi konsumen.
4. Anda unik karena garansi yang ditawarkan
Garansi, entah itu berupa garansi
waktu ataupun jaminan produk juga menjadi hal yang diperhatikan konsumen dalam
memilih sebuah produk. Dalam mempromosikan produk usaha, anda wajib menjanjikan
penalti atau konsekuensi jika anda tidak menepati garansi tersebut. Misalnya
mengembalikan uang konsumen, mengganti produk, maupun pelayanan services
tertentu. Sakah satu contoh frasa iklan yang efektif adalah: jaminan 100% uang
kembali.
5. Anda unik karena cara yang anda lakukan berbeda
Metode ataupun cara yang anda
gunakan bisa menjadi hal yang menarik bagi para calon pelanggan anda. Metode
atau pun cara tersebut harus memberikan kemudahan bagi konsumen anda. Metode
atau cara tersebut bisa menyangkut masalah prosedur pembayaran yang lebih
efesien, bisa juga mengenai cara pengiriman barang, atau juga terkait cara pelayanan konsumen
yang lebih interaktif. Dengan menyediakan cara yang berbeda, maka bisnis anda
dapat dikatakan bisnis yang unik dan berpeluang menarik banyak pelanggan.
No comments:
Post a Comment