Ketika Anda telah memasuki dunia
kerja atau pun bisnis, maka Anda dituntut untuk bersikap profesional. Apa yang
anda lakukan bukan lagi sekedar main - main belaka. Sering datang terlambat
ataupun terlalu banyak bicara daripada mendengar merupakan beberapa ciri yang
bisa menandakan Anda tidak terlihat profesional. Demi peningkatan jenjang karir
ataupun bisnis Anda, maka Anda harus bersikap profesional. Oleh karena itu,
hindarilah tindakan - tindakan berikut yang dapat membuat Anda terkesan tidak
profesional di mata rekan kerja ataupun mitra bisnis Anda.
1. Sering datang tidak tepat waktu
Saat ini, alasan macet saat Anda
terlambat datang ke tempat kerja, sudah dianggap tidak masuk akal lagi, karena
orang yang profesional pasti akan tahu kapan waktu padat di jalanan dan kapan
jalanan luang oleh lalulintas. Oleh karena itu, siapkan waktu lebih sebagai
antisipasi agar Anda tidak sering terlambat datang ke kantor ataupun memenuhi
janji terhadap suatu undangan acara.
2. Kurang fokus / konsentrasi
Fokus merupakan salah satu ciri
orang yang bisa disebut profesional. Di tempat kerja saat ini, kefokusan
seringkali terganggu oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah
notifikasi dari smartphone yang kita miliki, entah itu SMS, notifikasi jejaring
sosial, dan sejenisnya. Agar fokus, berusahalah untuk memprioritaskan pekerjaan
Anda dan kurangi frekuensi Anda dalam keterlibatan di jejaring sosial ketika
jam kerja masih sedang berlangsung. Jangan sampai ketika sedang meeting berlangsung,
Anda tidak fokus mengikuti sesi tersebut hanya gara - gara lebih mementingkan
gadget Anda.
3. Tidak membaca dengan seksama
Kesalahan yang Anda lakukan di
tempat kerja seringkali disebabkan oleh keteledoran saat membaca surat atau
perintah ataupun memo. Pertahankan professionalisme Anda dengan selalu membaca
secara detail apa yang tercantum di dalam dokumen. Hal ini penting apalagi
ketika Anda sedang melamar pekerjaan. Jangan sampai, ada satu atau dua hal yang
tidak Anda sertakan atau tidak Anda penuhi padahal sudah terlampir pada email
yang Anda terima.
4. Mengenakan pakaian yang kurang
sesuai
Kita menggunakan pakaian tentu salah
satu tujuannya adalah untuk memberikan kesan tertentu. Amatlah penting untuk
mengetahui pakaian yang tepat yang sesuai dengan acaranya. Oleh karena itu,
ketika perusahaan sedang mengadakan suatu acara atau ketika Anda ingin
melakukan wawancara kerja, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari
tahu dress code perusahaannya. Anda tentu tidak ingin jika ternyata memakai
pakaian yang underdressed ataupun overdressed pada acara yang dihadiri oleh
orang orang penting.
5. Tidak legowo menerima kritik
ataupun memberi kritik
Ketika Anda memiliki saran yang
terbaik untuk rekan kerja Anda, maka berikan kritik yang membangun demi
kemajuan bersama. Jangan takut bila akan menyakiti perasaannya. Demikian pula
sebaliknya, ketika Anda dikritik oleh orang lain, maka Anda harus bisa
menerimanya dan menyaringnya secara lapang dada. Menolak kritik secara mentah -
mentah di depan umum dapat membuat citra Anda tidak terlihat profesional.
6. Terlalu banyak bicara tapi
sedikit mendengar
Profesionalitas bisa terlihat dari
cara bicara seseorang. Bicara yang banyak tanpa ada dasar pengetahuan yang kuat
akan semakin menunjukkan ketidak profesionalan. Oleh karena itu, wajib hukumnya
Anda memiliki pengetahuan dan wawasan yang memadai agar bisa bertahan di dunia
kerja. Tunjukanlah antusiasme Anda dalam mempelajari hal - hal baru dengan cara
mendengar dan menyimak secara cermat apa yang dibicarakan oleh atasan atau
rekan kerja Anda bicara.
No comments:
Post a Comment