Surat-menyurat tidak hanya identik
dengan dunia perkantoran dan organisasi pemerintah saja. Administrasi ini juga
menjadi bagian yang tak terpisahkan dari urusan bisnis.
Surat bisnis secara umum diartikan
sebagai surat yang ditulis dalam bahasa resmi dan dipakai untuk korespondensi
dan komunikasi antar organisasi bisnis, lembaga lain, maupun untuk personal
tertentu, seperti para pelanggan, kepala daerah, dan sebagainya. Biasanya
penulisan dan pengiriman surat bisnis menggunakan bentuk formal sesuai dengan
hubungan antar pihak-pihak terkait.
Dalam penulisan atau pengetikan
surat bisnis, anda bisa memilih salah satu format, yakni blok penuh (full
block), blok yang dimodifikasi (modified block), indented (semi blok),
simplified (sederhana), dan format untuk surat yang lebih dari satu halaman.
Berikut disajikan contoh surat bisnis format full block yang sering dipakai
dalam surat menyurat dunia bisnis.
UD. Prima Jaya Sentosa
Jln. Cempaka Barat No.123 Kelurahan Damai
Sidoarjo - Jawa Timur
July 15, 2017
Mr. Edi Saniaji
PT. Berkah Makmur Abadi
Jln. Sudirman No. 234
Jakarta
Yth. Mr Saniaji
Kami merasa senang menerima
informasi lebih lanjut mengenai tawaran kisaran harga yang lebih rendah dari
produk busana berbahan sutera dan poliester, seperti yang dipamerkan pada stand
anda di Pekan Raya Jakarta pada bulan Juni lalu.
Perwakilan Anda memberi kami
beberapa harga indikatif, tapi kami merasa ini masih agak tinggi. Kami percaya
bahwa kami bisa menempatkan pesanan rutin bulanan sekitar dua ratus item
pakaian jika Anda menurunkan harga sebesar 10%.
Kami berharap untuk segera menerima
kabar baik dari Anda.
Hormat kami
Reza Farnham
(Manager UD Prima Jaya Sentosa)
Dalam contoh surat bisnis yang
diuraikan di atas, terdapat beberapa bagian penting yang wajib dicantumkan,
antara lain:
Alamat
Pengirim dan Kop Surat
Pada bagian paling atas diisi dengan
kop surat dan alamat pengirim. Jika anda mengirim surat antar instansi
(perusahaan atau lembaga), maka kop surat wajib dicantumkan.
Tanggal
Surat
Setelah kop surat dan alamat
pengirim, di bagian berikutnya adalah tanggal penulisan surat. Jika memakai kop
surat, maka ketik pada 2-6 baris (jarak kosong dengan kop surat).
Alamat Penerima
Tulislah nama penerima secara
lengkap, diikuti posisi jabatan, dan tempat perusahaan atau instansinya.
Salam
Pengucapan salam Yth Bapak atau Yth
Ibu tergantung si penerima. Jika anda masih ragu, bisa memakai Sdr.
Isi Surat
Tulislah isi surat anda dengan
singkat dan jelas. Agar isi surat anda baik dan benar, maka tuliskan topik
utama secara terpisah. Dalam format surat bisnis model full block, penting
rasanya untuk memberikan ruang spasi antar paragraf.
Kalimat
Penutup
Salam dan kalimat penutup biasanya
berisi harapan anda, dan diakhiri dengan "Hormat kami", serta
dibubuhi tanda tangan.
Demikianlah sekilas gambaran tentang
cara membuat surat untuk urusan bisnis. Semoga menambah wawasan anda. Salam
kerja & usaha!!!
No comments:
Post a Comment